Pertemuan SPSBI RRI Padang hari Sabtu 21 Oktober 2017. Materi MC dan Pewara

Menurut Wiyanto dan Astuti (2002:2) Pembawa Acara adalah orang pertama yang berbicara dalam suatu acara. Sebagai pembawa acara, dia harus bisa menarik perhatian hadirin untuk segera merasa terlibat dalam pertemuan itu. Kalau upaya ini gagal, jalannya acara menjadi hambar, tidak berkesan dan mengecewakan. Sebaliknya bila pembawa acara pandai menguasai dan mengendalikan keadaan, maka acara menjadi lancar dan menyenangkan.  Dengan demikian kesuksesan sebuah acara berada di tangan pembawa acara.


Dalam bahasa komunikasi seorang Pembawa Acara/MC/presenter adalah seorang komunikator. Pembawa acara/MC ialah seseorang yang akan memimpin suatu rentetan acara secara teratur dan rapi, dia paling bertanggung jawab terhadap kelancaran suatu rangkaian acara. Lebih dari itu, seorang pembawa acara/MC juga seseorang yang bertindak layaknya ‘sutradara”, dia memahami kronologi acara, latar belakang acara, tujuan acara, mengatur waktu dan jalannya acara, akurasi informasi, mengenal nama-nama, pangkat dan jabatan dan sebagainya.

1.  Tugas Pembawa Acara/MC
Seorang pembawa acara tidak hanya bertugas membawakan sebuah acara.Tapi juga mulai dari menyusun acara, mengecek kesiapan acara, mengetes sound system, mencek kehadiran, mengendalikan waktu, menyimak jalannya acara dan menguasai suasana acara serta mengatur hadirin.

Namun secara umum ada 4 tugas penting pembawa acara/MC;
a.   Mengumumkan acara yang berlangsung
b.  Menarik perhatian hadirin untuk mengikuti acara melalui pakaian, dandanan, gerakan, suara, bahasa dan etika serta penampilan.
c.   Mengatasi segala hambatan yang terjadi selama acara berlangsung.
d.  Berkoordinasi dengan Panitia/Protokoler dan Penghubung Acara.

2.  Orang-Orang Yang Cocok Menjadi Pembawa Acara/MC
Orang yang benar –benar cocok untuk profesi ini adalah : Orang yang memiliki kepribadian :

  1. Ekstrovert, yaitu orang – orang  yang suka mengekspresikan apa yang dipikirkan, dirasakan pada orang lain atau orang yang suka memperbincangkan berbagi hal dengan orang lain secara terbuka. Orang dengan tipe ini adalah pribadi yang terbuka, hangat dan lapang dada untuk menerima masukan dan kritikan.
  2. Generalis, yaitu orang – orang yang memilki pengetahuan umum yang banyak dan memungkinkan dia untuk berbicara apa saja. Pengetahuan adalah sekumpulan ilmu dan pengetahuan yang didapatkan melalui jenjang pendidikan formal ataupun nonformal. Sedangkan wawasan adalah pengetahuan yang didapatkan di luar jalur pendidikan seperti melalui kegiatan membaca dan sebagainya.
  3. Fleksibel, yaitu orang  yang luwes, mudah menyesuaikan diri dengan situasi. Fleksibelitas mutlak dimiliki oleh seorang pembawa acara atau MC karena dalam penyelenggaraan sebuah acara beragam kemungkinan bisa saja terjadi dan di luar scenario/rencana. Diantaranya adalah; ada pejabat yang sudah dijadwalkan datang memberikan sambutan dan pembawa acara sudah menyiapkan skenarionya lalu tiba-tiba beberapa menit sebelum acara dimulai memberitahu bahwa pejabat tersebut berhalangan hadir dan digantikan oleh pejabat di bawahnya. Kejadian lain adalah berubahnya susunan acara secara tiba-tiba, mati lampu, gangguan alam dan sosial sampai pada pembatalan acara oleh pihak penyelenggara. Ini harus direspon oleh seorang pembawa acara dengan bijaksana, tidak panik dan melakukan akselerasi dengan tuntutan dan perubahan yang ada.
  4. Friendly, yaitu orang yang mudah bergaul, dan karena pembawaanya disenangi banyak orang. Pembawa acara ini tentu sangat disukai oleh pihak yang memerlukan jasanya. Sehingga order di masa datang selalu datang. Seorang pembawa acara walau sehebat apapun atau sudah memiliki jam terbang yang sangat banyak haram hukumnya untuk berlaku sombong/angkuh. Pembawa acara yang baik selalu menebar senyum dan akrab dengan semua hadirin. Jika ada kesempatan sebelum acara dimulai seorang pembawa acara bisa menyapa hadirin secara informal tanpa membeda-bedakan status sosial, pendidikan dan ekonomi mereka.
Instruktur pertemuan ke enam ini bersama Ibu Heroza Firdaus. Untuk Kamu yang ingin bergabung di kelas Public Speaking dan Broadcasting RRI Padang, Bisa mendaftar ke Studio Pro 2 RRI Padang, Jalan Sudirman no. 12 Padang, Informasi 082285029160.


EmoticonEmoticon