Pertemuan Keempat SPSBI RRI Padang, Sabtu 7 Oktober 2017. Materi Teknik Dasar Broadcasting Radio dan Reportase

Teknik dasar broadcasting yang dilatihkan untuk seorang penyiar radio yang terpenting adalah teknik voice, teknik suara. Mengolah suara agar mampu membuat orang yang mendengarkannya menjadi nyaman atau dengan istilah smiling voice. Beberapa hal yang terkait dengan teknik voice seperti:

  1. Tone yaitu nada suara. Ini perlu diperhatikan agar pendengar tidak cepat bosan dengan pembicaraan kita yang datar. Untuk sebuah presentasi in door maka tone suara berkisar dari Do, Re dan Mi. Pemilihan Tone suara juga memperhatikan jumlah peserta, tempat kegiatan dan kondisi lingkungan tempat kegiatan berlangsung. Termasuk juga ada tidaknya sound system dan kualitas sound system tersebut.
  2. Power yaitu kekuatan suara. Kekuatan suara yang dihasilkan harus tepat sesuai dengan pemakaian kata.
  3. Timbre yaitu warna suara.  Suara yang ekspresif akan sangat mudah mempengaruhi pendengar.
  4. Speed/tempo. Standar kecepatan suara harus menyesuaikannya dengan situasi dan kondisi serta kebutuhan. Ada kalanya berbicara dengan tempo lambat, sedang dan cepat. Ada juga saatnya kita berbicara dengan tempo yang variatif/dinamik.
  5. Volume yaitu kepadatan suara.
  6. Nafas.  Berbicara dengan nafas perut, karena suara yang dihasilkan lebih dalam, power lebih kuat dan lebih terasa nikmat untuk didengar. Disamping itu, panjang pendek nafas juga harus diperhatikan. Untuk seorang public speaker minimal memiliki panjang nafas minimal 18 detik tanpa terputus.

Dalam sebuah reportase atau laporan langsung yang disampaikan Live di radio maka laporan harus memuat 5W + 1H (What, where, when, why, who dan how). 
  • Apa kejadiannya.
  • Dimana terjadinya.
  • Kapan kejadiannya.
  • Mengapa kejadian tersebut terjadi.
  • Siapa yang terkait dalam sebuah kejadian tersebut.
  • Bagaimana kronologisnya
Salah satu contoh laporan live report radio:
" Pendengar/Pemirsa, saat ini saya berada di Jalan Khatib Sulaiman, Padang tepatnya didepan kantor Imigrasi kelas I Padang. Dapat saya laporkan bahwa saat ini telah terjadi kemacetan panjang dari arah Mesjid Raya Sumatera Barat menuju jalan Hamka. Kemacetan ini terjadi akibat tergulingnya sebuah mobil barang tanpa muatan dengan posisi terbalik ditengah jalan.  Diduga kecelakaan ini terjadi akibat ugal-ugalan pengendara supir mobil barang ini sehingga menabrak pembatas jalan dan akhirnya terguling. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini namun supir mobil barang ini hanya mengalami luka ringan. Sudah ada petugas kepolisian yang berusaha mengurai kemacetan namun mobil derek dalam perjalanan menuju lokasi kejadian. Bagi anda yang ingin melewati jalur ini untuk dapat mencari jalan lain seperti jl. S Parman atau jl. Gajah Mada. Demikian yang dapat saya laporkan, kembali ke studio."

Instruktur Bpk. Heranof Firdaus (Ketua Persatuan Wartawan Indonesia di Sumatera Barat)

Penyampaian Materi

Praktek Reportase Radio





EmoticonEmoticon