Teknik Vokal/Suara dan Verbal

Assalaamu'alaikum/Warohmatulloh/Wabarokatuh//
Salam hangat untuk sahabat semua.

Ini adalah bahan ajar Sekolah Public Speaking dan Broadcasting Indonesia (SPSBI) RRI Padang dan PMW UNP - Public Speaking Institute untuk Pertemuan Minggu Pertama, angkatan III tahun 2017. 

Teknik Vokal/Suara dan Verbal serta Teknik Pemanfaatan Mic
Ditulis oleh : Nofrion Sikumbang
Hasil gambar untuk 3v of communication


Menurut Albert Mahrabain dalam 3V of Communication menjelaskan bahwa dalam public speaking minimal ada tiga hal yang harus dioptimalkan dan menjadi modal dasar bagi seorang public speaker, yaitu Voice, Verbal dan Visual. Vokal atau suara merupakan senjata utama seorang pembicara. Dengan suara yang memukau, pembicara mampu memusatkan dan mengalihkan serta mendapatkan perhatian audien.Suara yang memukau adalah suara yang memiliki daya tarik atau "point of interest". Bagaimana ciri suara seperti itu?, minimal ada 10 cirinya;
  1. Bernada menyenangkan
  2. Membawa rasa persahabatan
  3. Menyebarkan kehangatan
  4. Terdengar alami
  5. Merefleksikan kepribadian
  6. Dinamis
  7. Bertenaga
  8. Ekspresif
  9. Jelas didengar
  10. Mudah dimengerti
Lalu, apa latihan yang bisa dilakukan untuk membuat suara menjadi lebih baik?. Berikut tipsnya;
  1. Latihan Vibration/Getaran suara dengan nada stabil dengan membunyikan "EERRRRR...". Caranya tarik nafas dalam-dalam (3-7 detik), lalu tahan (1-3 detik),kemudian lepaskan secara perlahan  dengan membunyikan 'eerrrr..." (usahakan mencapai 15 detik). Pola latihan tarik-tahan-lepaskan adalah, 3-1-5, 5-2-10 atau 7-3-12. Silahkan latihan bertahap. 
  2.  Latihan Vibration/Getaran suara dengan nada bertingkat. Caranya hampir sama, hanya saja ketika melepaskan nafas dimulai dengan nada terendah (DO) sampai ke nada tertinggi (DU).
  3. Latihan Konsistensi Nada dengan mengucapkan LA-LI-LU-LE-LO dengan minimal tiga tingkatan nada.
  4. Latihan pengucapan huruf vokal/hidup yaitu A, I, U, E, O (singkat dan tegas). Lalu, dilanjutkan dengan AA, II, UU, EE, OO dan AAA, III, UUU, EEE, OOO dst.
  5. Latihan bergumam. Eeemmmmmmmmmm
  6. Latihan rahang. Buka rahang atas bawah (Up_Down) sebanyak 10 kali. Lalu, geser kiri kanan sebanyak 10 kali secara bergantian.
Berikutnya adalah teknik pemanfaatan Mic.
Gambar terkait
Microphone
Banyak pembicara yang belum bijak dalam menggunakan Mic. Mic adalah alat penangkap suara lalu menyalurkannya ke 'mixer", lalu meneruskannya melalui 'speaker". Tujuan pemakaian mic adalah untuk mengeraskan suara. Makanya, kadang mic dkk disebut juga dengan alat pengeras suara. Bagaimana teknik menggunakan mic yang disarankan?. Ini tipsnya;
  1. Atur posisi mic sekitar dua jari dari bibir (jika mic biasa) atau sebesar tinju jarak antara bibir dengan mic (Mic bagus).
  2. Atur posisi mic di depan pembicara dan pastikan tidak lebih tinggi atau lebih rendah dari bibir atas pembicara.
  3. Kenali "turn on dan turn off" pada mic.
  4. Kuasai cara mengatur tinggi/rendah mic.
  • Berikut disampaikan kelakuan pembicara terhadap mic yang sedapat mungkin dihindari:
  1. Memukul-mukul Mic
  2. Meniup-niup Mic
  • Selamat Berlatih.


EmoticonEmoticon